Proses Mencuci Wajah Yang Baik dan Benar Agar Mendapatkan Hasil Maksimal


Mau memiliki kulit wajah yang terawat, bersih, cerah sehat berseri serta bebas jerawat dan flek hitam setiap hari?? Sabun Prolivera adalah solusi terbaik untuk anda! Jangan salah pilih. Info Selengkapnya »»

Proses Mencuci Wajah Yang Baik dan Benar Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Poses Mencuci Wajah Yang Baik dan Benar Agar Mendapatkan Hasil Maksimal - Proses mencuci wajah adalah tekhnik memelihara kulit wajah untuk selalu terlihat bersih dan cerah. Bila dalam mencuci wajah tidak dilakukan dengan cara yang tepat, bisa menimbulkan gangguan kulit seperti kulit kering, wajah berminyak, berjerawat atau iritasi kulit. Walaupun hal ini kelihatannya sederhana, tapi dalam mencuci wajah memang memerlukan tekhnik yang baik dan benar agar selain wajah menjadi bersih, kesehatan kulit wajah juga tetap terjaga.

Dalam beraktivitas, sudah pasti debu, asap knalpot, polusi dan kotoran akibat keringat akan menempel di tubuh kita terutama pada bagian wajah. untuk anda yang tinggalnya di daerah perkotaan, mungkin keadaan seperti ini sudah tidak asing lagi di temukan. Untuk itu bagi anda yang telah melakukan aktivitas selama 1 hari penuh, ada baiknya anda langsung mandi saja sebelum beristirahat, tapi bila anda males untuk mandi karena sudah terlalu lelah bekerja, minimal cucilah wajah anda dengan air. Karena dengan memcuci wajah kita dengan air, wajah kita akan kembali segar bersih dan sehat.

Terus bagaimanakah proses mencuci wajah yang baik dan benar agar mendapatkan hasil maksimal ?? Berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara mencuci wajah yang baik dan benar yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Check It Out

1. Pastikan Tangan Anda Bersih

Sebelum mencuci wajah, pastikan tangan anda sudah bersih, agar bakteri-bakteri yang ada di tangan anda tidak mudah berpindah ke wajah. Jangan abaikan hal ini, karena pada saat anda menuangkan facial wash ke dalam tangan yang masih kotor dan kemudian mengusapkannya ke wajah anda, sabun cuci wajah tersebut akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang tersisa pada tangan yang kotor dan kemudian akan berpindah dengan mudah ke wajah anda. Jadi pastikan tangan anda bersih terlebih dahulu, setelah itu baru cucilah wajah anda.

2. Gunakan Air Hangat

Mungkin anda sering mendengar bahwa mencuci wajah dengan air panas dapat membuka pori-pori kulit sedangkan membilas wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori kulit. Ternyata pendapat tersebut tidak benar, karena penggunaan air panas dapat membuat kulit wajah anda menjadi kering, sementara menggunakan air dingin untuk wajah dapat merusak pembuluh darah di wajah anda. Suhu terbaik untuk mencuci wajah yaitu dengan menggunakan air hangat. Artinya air tidak terlalu panas dan air juga tidak terlalu dingin.

3. Mencuci Wajah 3X Sehari

Kebanyakan para ahli kecantikan menyarankan mencuci wajah tidak dilakukan terlalu sering, cukup dilakukan 2X sehari, pada saat mandi di pagi hari dan pada saat malam hari sebelum tidur.

Untuk kita yang tinggal di wilayah Indonesia, dimana memiliki cuaca tropis dengan suhu dan kelembaban yang tinggi. Tentu saja dapat membuat suhu tubuh terus meningkat sehingga tubuh akan mengeluarkan minyak serta keringat berlebih. Minyak dan keringat ini tidak bisa mengering sendiri karena uap air yang ada di sekitar kita pun sudah banyak. Untuk itu wanita Indonesia disarankan agar mencuci wajah nya 3X sehari yaitu pada pagi, siang dan malam hari agar kulit wajah bisa terproteksi dari pengaruh buruk kosmetik, sinar matahari dan polusi.

Minyak dan keringat yang menempel pada wajah, ditambah dengan menggunakan makeup dan debu yang menempel pada wajah lama-kelamaan bisa mengiritasi kulit. Jika keadaan ini di biarkan terus-menerus dan tidak dibersihkan, bisa menyebabkan kulit kemerahan, pori-pori kulit akan membesar dan kemudian tersumbat. Dengan keadaan ini otomatis kulit wajah akan menjadi rentan untuk menimbulkan jerawat. 

Untuk memproteksi kulit wajah dari pengaruh buruk kosmetik, sinar matahari dan polusi,  selain sering mencuci wajah, dianjurkan juga untuk menggunakan produk yang akan mengikis lemak alami di kelenjar kulit dengan cara memilih produk pembersih yang tepat, menghindari sabun muka yang terlalu banyak mengandung detergen dan mengandung kadar alkohol yang tinggi.

4. Gunakan Facial Wash atau Pembersih Wajah yang Sesuai

Sebaiknya kenali jenis kulit wajah anda terlebih dahulu sebelum menggunakan facial wash karena facial wash yang digunakan untuk jenis kulit kering akan berbeda dengan facial wash yang digunakan untuk jenis kulit normal atau kulit berminyak.

Facial wash yang baik adalah facial wash yang sesuai dengan jenis kulit anda. Selain itu facial wash yang baik juga harus dapat menghilangkan kotoran dan bekas makeup tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat. Untuk anda yang berjenis kulit kering, gunakanlah facial wash yang berbentuk cream dengan kandungan pelembab yang tinggi. Sedangkan untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel.

Gunakan facial wash dengan PH seimbang dan berbentuk gel, karena facial wash yang berbentuk sabun batangan akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu disarankan untuk menghindari penggunaan facial wash dengan wewangian, karena di dalam wewangian tersebut bisa saja terdapat kandungan yang bisa memicu iritasi kulit. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya pilih facial wash dengan aroma alami.

5. Kurangi Penggunaan Scrub

Penggunaan scrub dalam facial wash sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak kulit, lebih baik pilih facial wash yang aman yaitu facial wash yang berbentuk gel tanpa scrub. Tapi jika anda menginginkan facial wash yang ada scrub nya, maka pastikan scrub yang tekturnya lembut.

Untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah anda gunakan scrub 2X dalam seminggu. namun Jika scrub dirasa tidak bekerja secara maksimal anda bisa menggunakan buah yang mengandung asam.

6. Perhatikan Kandungan Bahan 

Jika produk kecantikan yang anda gunakan untuk mencuci wajah menimbulkan masalah kulit, sebaiknya produk tersebut jangan langsung anda buang, perhatikan terlebih dahulu labelnya baik-baik. apakah ada bahan-bahan yang menjadi penyebab timbulnya masalah kulit ? apakah ada pengawet sintetis, pewarna atau wewangian yang dapat menyebabkan iritasi kulit ? Facial wash yang ada kandungan sodium lauril sulfat nya juga perlu anda diwaspadai, karena bahan ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit anda. Dengan mengetahui kandungan yang ada dalam produk kecantikan yang menimbulkan masalah kulit ini, berarti anda bisa terhindar dari kesalahan membeli produk.

7. Cuci Wajah Secara Menyeluruh

Cuci wajah anda secara menyeluruh, sebaiknya anda tidak mencuci pada satu area saja, misalkan hanya pada pipi atau dahi saja yang dicuci, karena semua permukaan wajah memerlukan perhatian yang sama. 

Proses mencuci wajah yang tidak benar, dapat meninggalkan sisa kotoran yang tidak diinginkan pada wajah dan akhirnya pori-pori kulit wajah pun tersumbat. Cara mencuci wajah yang benar diawali dari dekat garis rambut, di teruskan sampai sekitar rahang anda. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela hidung, karena umumnya sisa kotoran tertinggal disana.

8. Mencuci Wajah Dengan Bersih

Cucilah wajah anda dengan bersih, agar tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Karena sisa sabun yang tertinggal pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab masalah pada kulit anda, seperti kulit kering dan iritasi pada wajah. Sisa sabun juga bisa menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori kulit sehingga jerawat akan mudah muncul. Oleh sebab itu dianjurkan bagi anda untuk selalu mencuci wajah dengan bersih walaupun dalam keadaan terburu-buru.

9. Tidak Terburu-buru Membilas

Setelah anda mengoleskan facial wash ke semua permukaan wajah, Sebaiknya anda tidak terburu-buru untuk membilasnya dengan air. Minimal tunggu hingga 1 menit setelah di oleskan pada wajah anda. Biarkan sabun pembersih bekerja agar semua kotoran dan bakteri benar-benar terangkat. Setelah itu bilaslah wajah anda dengan air bersih.

10. Penggunaan Handuk

Setelah mencuci wajah pakailah handuk bersih untuk mengeringkan wajah. Sebaiknya tidak menggosok wajah saat mengeringkan wajah dengan handuk. Menggosok wajah akan menyebabkan tarikan dan gesekan, sehingga dapat mempengaruhi elastisitas kulit anda, menyebabkan kulit wajah cepat keriput dan iritasi kulit. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuknya secara lembut dengan menggunakan handuk bersih. Pastikan handuk dalam keadaan bersih, cuci atau gantilah handuk secara rutin, agar hasil yang didapat maksimal. Dianjurkan untuk menggunakan handuk khusus untuk wajah dan jangan gunakan handuk tubuh untuk wajah anda.

11. Gunakan Pelembab Wajah

Setelah mencuci wajah dan mengeringkannya dengan handuk bersih, dianjurkan untuk langsung menggunakan pelembab wajah, jangan menunggu kulit wajah sampai benar-benar kering, karena cara ini dipercaya akan membantu pelembab tersebut menyerap secara maksimal ke kulit wajah sehingga kelembaban kulit pun akan tetap terjaga. Pelembab yang tidak menyerap ke kulit akan meninggalkan residu pada kulit sehingga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya.

12. Gunakan Minyak Untuk Membersihkan Wajah

Anggapan bahwa minyak sebagai salah satu penyebab masalah kulit dan dapat menyumbat pori-pori kulit ternyata tidak benar. Minyak ternyata bisa membersihkan pori-pori kulit secara efektif, menyingkirkan bakteri dan memberikan keseimbangan yang sehat pada kulit.

Untuk hasil maksimal pilihlah produk facial wash yang berasal dari minyak alami dan tanaman, seperti minyak almond, minyak biji anggur, minyak biji aprikot, minyak bunga matahari untuk kesehatan kulit. Minyak kelapa dan minyak zaitun bisa juga menjadi pilihan yang cocok.

Cara menggunakan produk facial wash berbahan minyak pada wajah yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak pada wajah anda, kemudian pijat dengan lembut lalu bersihkan dengan kain basah yang lembut. Agar terhindar dari sisa residu yang akan menyumbat pori-pori, bersihkan minyak dari wajah anda sampai benar-benar bersih.

Demikianlah artikel Proses Mencuci Wajah Yang Baik dan Benar Agar Mendapatkan Hasil Maksimal dibuat, semoga bermanfaat untuk anda semua.


Yuk beralih ke Sabun Prolivera, Sabun Prolivera adalah brand sabun perawatan wajah terbaru dengan komposisi Propolis, Collagen dan Aloe Vera yang lebih lengkap untuk menutrisi, mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah Anda. Untuk info selengkapnya, silahkan anda klik di sini »»

Jual Sabun Prolivera
RP 120,000 /PAKET
(Belum Termasuk Ongkos Kirim)
Setiap paket berisi 3 bar sabun Prolivera @40 gram

PESAN SEKARANG JUGA!


SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar