Cara Merawat Rambut Berjilbab, Kulit Kepala Sehat Rambutpun tidak Rontok !


Mau memiliki kulit wajah yang terawat, bersih, cerah sehat berseri serta bebas jerawat dan flek hitam setiap hari?? Sabun Prolivera adalah solusi terbaik untuk anda! Jangan salah pilih. Info Selengkapnya »»

Cara Merawat Rambut Berjilbab
Cara Merawat Rambut Berjilbab

Cara merawat rambut berjilbab tentu berbeda dengan cara merawat rambut pada wanita yang tidak berjilbab.  Rambut yang selalu ditutupi kemungkinan akan menjadi lembab dan mudah rontok, apalagi bila cuaca sedang panas, kulit kepala akan banyak mengeluarkan keringat, otomatis rambut akan lepek sehingga rambut menjadi bau karena keringat. Untuk itu rambut pada wanita berjilbab memerlukan perawatan ekstra. Ekstra di sini bukan berarti harus mengeluarkan uang yang banyak.

Ada beberapa cara merawat rambut berjilbab agar kulit kepala menjadi sehat dan rambut tidak rontok yang bisa anda coba di bawah ini. Check it out.

Pertama : 
Gunakan Jilbab yang dapat Menyerap Keringat.

Menggunakan jilbab setiap hari dapat menyebabkan kulit kepala berkeringat, sehingga rambut akan lepek dan kotor yang bisa menimbulkan ketombe dan memicu kerontokan. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih, yaitu dengan menggunakan jilbab yang bisa menyerap keringat misalkan dengn bahan katun dan kaos. Kedua bahan tersebut memiliki pori-pori yang dapat melancarkan sirkulasi udara bagi rambut. Untuk menjaga agar rambut bersih dan tidak bau, gantilah jilbab setiap hari.

Kedua : 
Gunakan Jilbab Berwarna Lembut dan Terang

Saat anda menggunakan jilbab, perhatikanlah warnanya. Warna lembut dan terang seperti putih, akan membuat kulit kepala terasa nyaman dan tidak mudah kepanasan. Sedangkan warna gelap seperti hitam dapat menyerap panas sehingga membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih panas dan lembab.

Jadi sebaiknya anda menggunakan jilbab berwarna lembut dan terang seperti warna putih saat udara sedang panas.

Ketiga : 

Gunakan Jilbab Ketika Rambut dalam Keadaan Kering

Setelah selesai keramas, sebaiknya anda  tidak langsung menggunakan jilbab. Keringkan terlebih dahulu jika ingin menggunakan jilbab. Kondisi kulit kepala dan rambut yang masih basah akan memicu rambut jadi mudah rontok akibat gesekan dari jilbab. Hal ini memungkinkan timbulnya bau tak sedap, ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala. Keringkan rambut anda secara alami dengan cara menyekanya dengan handuk, dan jangan menggosoknya dengan handuk, sebab akan memperparah kerontokan rambut. Jika anda sedang terburu-buru, keringkan rambut anda dengan menggunakan hair dryer tetapi dalam temperatur rendah dengan jarak 10-15 cm dari rambut, hal ini dilakukan agar rambut tidak rusak.

Keempat : 
Gunakan Model Jilbab yang Praktis

Menggunakan jilbab dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya menggunakan model jilbab yang praktis. Untuk siang hari, cukup gunakan dua lapis jilbab, lapisan pertama berupa dalaman atau siput dan lapisan kedua berupa jilbab. Jangan gunakan jilbab yang berlapis-lapis, maksimal gunakan jilbab hanya empat lapis. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara pada rambut tetap seimbang. Menggunakan jilbab lebih dari empat lapisan dapat memicu keringat di kepala yang dapat berkembang menjadi ketombe. Dan untuk anda wanita pekerja dengan ruangan ber-AC, gunakanlah bahan jilbab yang lebih tebal, untuk melindungi rambut anda agar tidak kering akibat hembusan AC.

Kelima :
Hindari Model Rambut Panjang dan Berponi

Panjang rambut anda sebaiknya tidak melebihi 60 cm, sebab rambut yang terlalu panjang akan membuat kulit kepala terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi udara. Rambut berponi juga sebaiknya dihindari karena poni yang keluar dari jilbab bisa merepotkan anda nantinya.

Keenam :
Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut memang bisa mencegah rambut dari berantakan, tetapi jangan mengikatnya terlalu kencang. Mengikat rambut yang terlalu kencang dapat menarik akar rambut sehingga bisa menyebabkan rambut patah dan rontok.

Ketujuh :
Keramas Secara Teratur

Usahakan agar keramas secara teratur minimal dua hari sekali. Dengan keramas secara teratur berarti anda dapat menjaga kebersihan dan kesehatan kulit di kepala, sehingga kerusakan dan kerontokan rambut bisa di cegah. Gunakan shampo dengan bahan alami dan sesuaikan dengan jenis rambut anda agar hasil yang di dapat bisa maksimal. Sehabis keramas gunakan condisioner agar rambut bisa harum lembut dan kuat.

Kedelapan  :
Gunakan Masker Rambut dan Hair Tonic

Untuk menjaga agar rambut anda tidak rusak, gunakan masker rambut seminggu sekali, tapi bila rambut anda sudah rusak, gunakan masker rambut minimal dua hari sekali untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Pilihlah masker yang sesuai dengaan jenis kulit anda,  misalkan sari madu untuk jenis kulit kering, rusak dan bercabang. Sari lidah buaya digunakan untuk mencegah kerontokan, mengurangi ketombe dan menguatkan akar rambut. Sari kiwi extract digunakan untuk jenis rambut yang telah mengalami proses pewarnaan dan pelurusan. Untuk menguatkan akar rambut gunakan serum anti rontok atau hair tonic. hair tonic dan masker rambut bisa digunakan setelah anda selesai keramas. Anda bisa mendapatkan masker rambut dan hair tonic siap pakai ini di toko-toko kosmetik sekitar rumah anda.

Kesembilan :
Rajinlah Menyisir Rambut

Sebaiknya anda sering menyisir rambut, karena menyisir rambut itu sama dengan melakukan pemijatan kulit kepala yang bisa berguna untuk melancarkan peredaran darah di kepala. Lakukan kegiatan ini minimal tiga kali sehari dengan menggunakan sisir plastik yang bergigi jarang guna mencegah kerontokan rambut. Sebaiknya anda menghindari menarik garis belahan rambut hanya pada satu sisi karena hal ini juga bisa memicu terjadinya krontokan rambut.

Kesepuluh :
Istirahatkan Rambut

Jika sedang tidak menggunakan jilbab, biarkan rambut anda istirahat, yaitu dengan membiarkan rambut terurai  tanpa ikatan, agar rambut lebih mudah bernafas. Cara seperti ini dapat membuat rambut lebih segar, juga bisa mengurangi kelembaban kulit kepala yang dapat memicu timbulnya kerontokan dan munculnya ketombe.

Kesebelas :
Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Selain melakukan perawatan rambut dari luar tubuh, sebaiknya anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, konsumsi vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin  E dan vitamin C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, juga bisa menjadi alternatif lainnya.

Demikianlah artikel tentang cara merawat rambut berjilbab, kulit kepala sehat rambutpun tidak rontok! yang bisa anda praktekkan dirumah. Semoga rambut anda bisa tetap sehat berkilau dan tidak rontok meskipun tertutup oleh jilbab.


Yuk beralih ke Sabun Prolivera, Sabun Prolivera adalah brand sabun perawatan wajah terbaru dengan komposisi Propolis, Collagen dan Aloe Vera yang lebih lengkap untuk menutrisi, mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah Anda. Untuk info selengkapnya, silahkan anda klik di sini »»

Jual Sabun Prolivera
RP 120,000 /PAKET
(Belum Termasuk Ongkos Kirim)
Setiap paket berisi 3 bar sabun Prolivera @40 gram

PESAN SEKARANG JUGA!


SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI



2 komentar: